FOTOGRAFI DIGITAL

fotografi-digital1

Saat ini, dunia fotografi telah memasuki babak baru, yaitu babak digital. Berbeda dengan babak konvensional, fotografi digital tidak memerlukan film, kamar gelap, dan berbagai zat kimia untuk mencuci film dan mencetak foto. Dalam hal ini, kamera digital menggunakan chip yang disebut charge couple device (CCD) untuk merekam gambar. Walaupun demikian, definisi dasar yang menyatakan bahwa fotografi adalah teknik melukis dengan cahaya belum tergeser. Fotografi digital tetap diciptakan melalui proses kreativitas manusia dengan bantuan kamera. Hukum-hukum fotografi yang menyangkut masalah pencaha¬yaan, bukaan diafragma, dan ruang tajam, tidak mengalami perubahan.


Fotografi digital adalah fotografi yang memanfaatkan data digi¬tal dalam proses pengolahan dan penyimpanannya. Data digital adalah data berupa angka-angka (digit-digit) 0 dan 1 yang hanya bisa dimengerti komputer. Dengan kata lain fotografi digital adalah fotografi yang memanfaatkan komputer sebagai kamar gelap, pencetak dan penyim¬pannya.
Selain dapat menggunakan kamera digital yang dihubungkan dengan komputer, foto konvensional (film negatif, positif (slide) dan foto hasil cetakan) dapat diproses menjadi foto digital. Alat untuk melakukan proses tersebut disebut scanner. Setelah dibaca komputer, data-data elektronik itu akan memberikan imaji untuk diolah lebih lanjut. Penyesuaian kontras foto, cropping, atau koreksi warna dapat mudah dilakukan dengan menggunakan komputer tanpa kamar gelap.
Saat ini, perangkat lunak (software), seperti Adobe Photoshop, Aldus Photostyler, Corel Photopaint, Micrografix Picture Publisheri atau Fractal Design Painter banyak dipakai untuk membuat penye¬suaian, koreksi, bahkan manipulasi suatu foto.
Menurut Marvyn J. Rosen, fotografi digital memiliki beberapa keunggulan.

  1. Hasil pemotretan dapat dilihat lebih cepat. Dengan dukungan peralatan elektronik, karya foto dapat digunakan untuk pameran (display), penerbitan, dan pengiriman foto jarak jauh (melalui e¬mail) dalam waktu yang relatif singkat.
  2. Relatif lebih murah karena tidak menggunakan film (bebas biaya cuci cetak).
  3. Mudah dalam pengoperasiannya.
  4. Lebih mudah diproses. Dukungan komputerisasi dapat mem¬berikan efek khusus, seperti penyesuaian kontras foto dan koreksi warna.
  5. Hasil yang permanen (tahan lama). Foto digital tidak akan menga¬lami perubahan, baik warna maupun ketajaman gambarnya. Berbeda dengan karya foto konvensional yang dapat berubah warna (rusak) jika melewati masa kadaluarsa.
  6. Ramah lingkungan. Fotografi digital tidak menggunakan bahan kimia yang dapat merusak lingkungan.

Ditinjau dari aspek teknis dan sistem, fotografi digital masih memiliki beberapa kekurangan. Pada aspek teknis, masalah resolusi atau kehalusan gambar hasil foto digital belum setara dengan hasil foto konvensional. Walaupun dapat diatasi, kamera dengan resolusi tinggi harganya sangat mahal. Pada aspek sistem, diperlukan peralatan penunjang seperti komputer, mesin pencetak (printer), modem, dan telepon. Kondisi tersebut belum tentu dimiliki oleh seluruh lapisan masyarakat.
Walaupun terdapat kekurangannya, tetapi dengan segala kemu¬dahannya, fotografi digital ternyata menimbulkan kontroversi. Beberapa fotografer berpendapat bahwa fotografi digital membuka jalan ke arah penipuan fotografi. Pendapat tersebut tidaklah salah, tetapi juga tidak benar. Untuk menipu, seorang fotografer tidak usah memakai sarana digital. Sejak dulu, penipuan fotografi telah ada. Kejujuran seorang fotografer memang harus ditegakkan kapan pun dan peralatan apapun yang digunakannya.
Fotografi digital hanyalah sebuah temuan yang memudahkan untuk menyempurnakan dan memanipulasi sebuah foto.
Tampilan foto yang telah rusak dapat diperbaiki dengan meng¬gunakan sarana digital sehingga didapat hasil yang baik. Untuk pema¬kaian teknik ini, fotografi digital jelas sangat sulit ditandingi oleh cara konvensional yang memanfaatkan tusir dengan cat. Di sini yang ber¬bicara memang bukan mengenai kejujuran atau penipuan tetapi tindakan untuk memperbaiki dan menambah indah tampilan foto.

product_9482_tehnik_dasar_fotografi_digital___fotomaster_d

 

Lihat Slide Presentasi lengkap di sini !

Social-Slideshare

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s