TIPS & TEKNIK KAMERA

Tips_Teknik_Foto_kamera_digital_dslr-1119

Tips & Teknik memakai mode Manual di kamera digital (DSLR)

Kamera digital atau DSLR saat ini sudah sangatlah canggih, dan banyak dari mereka yang menyediakan fungsi dan mode2 otomatis yang bisa mempermudah pengambilan gambar dengan pengaturan cahaya yang baik. Digital SLR sekarang datang dengan mode otomatis yang banyak dan beragam, dan tiap fungsi dapat mengantisipasi dan mencari pengukuran pencahayaan dengan tepat di setiap situasi yang berbeda2. Namun, tentu saja fungsi otomatis seharusnya tidak dapat mengalahkan insting dan pengukuran cahaya dari diri kita sendiri, agar kita bisa mencapai pencahayaan yang kita inginkan.
Marilah simak mode M atau Manual yang sakti ini, kiranya kapan waktu terbaik untuk menggunakannya, dan bagaimana cara terbaik untuk mencapai pencahayaan yang sempurna dengan mode ini.

Kapankah waktu yang tepat untuk menggunakan mode manual?

  • di mana pencahayaan pada lingkungan pemotretan sulit, dan fungsi otomatis dari kamera tidak dapat mengukur pencahayaan dengan benar. Biasanya terjadi pada situasi backlit, atau di mana cahaya utama dan sangat dominan searah dengan pandangan sang fotografer.
  • di mana sang fotografer ingin menjadi kreatif. Tidak semua foto itu harus diukur pada pencahayaan yang tepat. Kadang kala ada situasi di mana foto itu bagus nya jika over-exposed atau under-exposed.
  • di mana kontras dan jarak antara terang dan gelap sangatlah jauh berbeda. Situasi ini juga sangat sulit untuk diukur oleh kamera secara otomatis.

Sumber : http://hazel.co.id/tips-teknik-cara-memakai-mode-manual-kamera-dslr/ – by Budiman Wira

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s