Channels dan Fungsi

Mungkin sebagian pengguna Photoshop Channels kalah Pamor dengan yang namanya Layer, karena dengan adanya fasilitas Layer manipulasi image akan lebih mudah dan independen. Namun bagi yang menggeluti bidang Prepress, Printing baik offset maupun sablon pasti Channel mempunyai arti dan fungsi yang vital. Untuk artikel kali ini saya akan membahas tentang apa itu Channel dan fungsinya.

Channel di Photoshop berguna sebagai informasi warna yang gunakan pada gambar. Umumnya orang mengenal Channel ada dua yaitu RGB dan CMYK. Channel warna pada mode RGB terdiri dari 3 channel (Merah, Hijau dan Biru) dan CMYK terdiri dari 4 channel (Cyan, Magenta, Kuning dan Hitam ini yang digunakan untuk Color Sparasi Offset Printing).  Jika semua warna pada masing2 sistem tersebut di gabungkan, maka akan membentuk gambar yang dinamakan Full Color.

Agar lebih jelas mari kita buat Contoh dengan menggunakan Photo:

untuk contoh channelPhoto diatas dibuat untuk mode RGB yang tentunya mempunyai Channels RED, Green dan Blue, untuk menampilkan Panel Channel Pilih Window dan pilih Channels. Pada Panel channel akan nampak keterangan Channel, icon mata pada channel berfungsi untuk menghilangkan atau memunculkan tampilan Channels. Perhatikan screenshot dibawah ini, saya menampilkan channel GREEN.

mati hidupkan preview channeldan ini display Photo dengan channel Green.

contoh channel warna greenDensity warna pada Mode RGB makin terang makin banyak mempunyai nilai tinggi, sedangkan warna yang gelap kebalikannya mempunyai nilai rendah. Nilai kepekaan warna RGB dilambangkan dari 0 hingga 255, sedangkan untuk nilai Mode CMYK dilambangkan dengan 0 hingga 100. Beda dengan RGB, nilai CMYK makin tinggi warna akan makin Gelap warna tersebut.

Untuk tampilan perchannel secara default Photoshop adalah Greyscalecontoh channel tampilan greyUntuk menampilkan Channels agar berwarna pilih Menu Edit kemudian pilih preferences pilih Interface pada opsi Show Channels di centang.

ganti tampilan channel jadi warna

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s