Indesign Tutorial : Create Footnote Catatan Kaki

Jika Anda membaca sebuah buku dan mungkin pernah menemui ada kalimat yang terletak dibagian bawah halaman dan biasanya berukuran lebih kecil hurufnya dari Body Text maka itu yang disebut Footnote. Selain footnote ada istilah Index,  Untuk Index terletak pada halaman akhir dari sebuah buku. Index menjelaskan suatu kata terletak pada halaman tertentu. Index dan Footnote sering dijumpai pada publikasi berbentuk buku.

Pada artikel ini saya akan menjelaskan tentang cara membuat footnote atau lebih sering disebut catatan kaki dan Index Buku.

Untuk tahap awal artikel ini saya akan membuat Tutorial Footnote/catatan kaki terlebih dulu,..mulai dan perhatikan baik baik…saya mempunyai sample teks yang diambil dari artikel bebas hak cipta.

Langkah pertama dengan Type Tool Seleksi teks yang akan dijadikan Footnote pada contoh yang diseleksi adalah kata Vitamin D

footnote1Pada Menu Type pilih Insert Footnote, maka pada teks Vitamin D ada tambahan angka 1 yang letaknya agak ke atas dan coba perhatikan untuk area Teks ada tambahan ke bawah dan tertulis angka 1.Angka 1 tersebut menjelaskan dari teks vitamin D itu yang disebut FOOTNOTE atau catatan kaki.

footnote2Namun jangan lupa pada angka satu tersebut diberi keterangan kecil tentang Vitamin D untuk contoh saya tulis Juga ada pada matahari pagi, 

footnote3Untuk opsi Font  Style Footnote bisa diubah size,Type huruf, character ataupun spasi. Pilih Type kemudian pilih Document Footnote OPTION. Namun sebaiknya sebelum membuat Footnote buatlah Style Charater atau Paragraph Style untuk Footnote sehingga akan mempermudah setting Characternya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s