NAMA DAN NILAI NOT BALOK

7032199-music-wallpaper

A.POHON NOT
Sesuai dengan arti not balok di Kamus Besar Bahasa Indonesia pada bahasan di atas, yaitu not yang tidak dilambangkan dengan angka, tetapi dengan garis-garis dan tanda-tanda lain. Garis – garis yang dimaksud adalah garis paranada, sedangkan tanda – tanda lain yang dimaksud adalah, penuh tidaknya kepala not, ada tidaknya tangkai not, serta berapa banyak jumlah bendera yang ada pada tangkai not.

Pada bahasan ini, yang dimaksud dengan nama not adalah sebutan not tersebut, dan untuk nilai not berarti menjelaskan panjang pendeknya bunyi not tersebut jika dimainkan. Agar lebih mudah untuk belajar nama dan nilai not balok, sebaiknya cermati dahulu Pohon Not (Note Tree) berikut ini.

Seperti pada gambar Pohon Not di atas, diketahui bahwa tidak semua not memiliki bentuk seperti yang dijelaskan pada Bab I, yaitu memiliki kepala not dengan utuh, memiliki tangkai, dan memiliki bendera. Pada gambar di atas, ada not yang hanya terdiri dari kepala not dengan bentuk berrongga tanpa ada tambahan lain-lain. Namun ada juga not yang terdiri dari kepala not berrongga dengan tangkai saja tanpa bendera. Ada juga not yang memiliki lebih dari dari satu bendera.
Khusus untuk not dengan kepala berrongga yang memiliki tangkai, aturan yang berlaku,TIDAK BOLEH memiliki Bendera.

B.NAMA DAN NILAI NOT BALOK

Berikut keterangan nama & nilai dari bentuk masing-masing not:

Not di atas tidak terbatas hanya sampai not seperenambelas (1/16) atau Sixteeth Note (semiquaver), tetapi ada lagi hingga mungkin not sepertigapuluhdua (1/32) atau bahkan not seperenampuluhempat (1/64). Semua itu tergantung berapa banyak bendera pada tangkai. Semakin banyak bendera, maka jumlah not pada 1 (satu) ketukan atau beat, bakal semakin banyak.

NAMA & NILAI TANDA DIAM

A.POHON DIAM/ISTIRAHAT (REST TREE)
Di dalam musik dikenal juga dengan adanya notasi yang menunjukkan tanda waktu istirahat atau disebut juga tanda diam, atau disebut juga Rest. Tanda diam ini memiliki nilai yang sama dengan not bunyi, hanya saja memiliki bentuk yang berbeda-beda. Fungsi dari tanda diam ini adalah menunjukkan saat-saat di mana instrument harus diam tidak bermain.
Untuk lebih memahami tentang tanda diam, ada baiknya sebagai pengantar silakan cermati dahulu Pohon Istirahat (Rest Tree), berikut ini:

B.NAMA DAN NILAI TANDA DIAM
Berikut keterangan nama & nilai dari bentuk masing-masing tanda istirahat/diam:

Aturan lama diam, sama seperti aturan nilai not bunyi. Tanda diam di atas tidak terbatas pada Tanda Diam Seperenambelas (1/16), namun seperti not bunyi, pada tanda diam, juga berlaku, semakin banyak jumlah kepala garis seperti cacing lurus, berarti lama diam semakin pendek.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s