PERMAINAN JELUNGAN

Apa itu Jelungan ???? Permainan jelungan ini mungkin saja baru pertama kali anda dengarkan, atau mungkin anda pernah mendengar tetapi tidak tahu bagaimana bentuk dan cara permainannya. Dan jugan mungkin masih banyak juga diantara kita yang tahu tentang permainan jelungan ini. Bagaimanapun jugan permainan jelungan ini harus tetap kita lestarikan, karena jelungan merupakan salah satu permainan tradisional Indonesia yang juga pada jaman dahulu dipergunakan oleh para Wali untuk media dakwah penyebaran agama Islam lewat permainan jelungan ini.

Permainan jelungan ini sebenarnya merupakan permainan yang tidak asing dan mungkin kita semua pernah memainkannya pada waktu masih kecil dulu. Mungkin ada juga yang mengatakan jelungan itu mirip seperti jumpritan (di Jawa). Permainan ini di ciptakan salah satu Wali, yaitu Sunan Giri dari Gresik.

Cara bermain jelungan :

Salah satu diantara anak-anak yang bermain ada yang menjadi pemburu, dan yang lainnya menjadi obyek buruan. Mereka akan selamat dari kejaran pemburu bila telah berpegang pada tonggal atau batang pohon yang telah di tentukan lebih dulu. Inilah permainan yang disebut jelungan. Arti permainan tersebut adalah seorang yang sedah berpegang teguh pada agama Islam Tauhid maka ia akan selamat dari ajakan setan atau iblis yang di lambangkan sebagai pemburu.

Sembari melakukan permainan yang di sebut jelungan itu biasanya anak-anak akan melakukan lagu padang bulan :

Padhang-padhang bulan, ayo gege dha dholanan,
Dolanane no ing latar,
Ngalap padhang gilar-gilar,
Nundung bhegog hangetikar.

Maknanya Lagu Padang Bulan :
(malam terang bulan, marilah lekas bermain, bermain dihalaman, mengambil di halaman, mengambil manfaat benderangnya rembulan, mengusir gelap yang lari terbirit-birit.)
Maksud dari permainan jelungan :

Agama Islam datang, maka marilah kita segera menuntut penghidupan, dimuka bumi ini, untuk mengambil manfaat dari Agama Islam, agar hilang lenyaplah kebodohan dan kesesatan.

Dikutip dari berbagai sumber.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s