REFLEKSI PRAKARYA

Prakarya

REFLEKSI DIRI DAN RANGKUMAN MATERI PRAKARYA SMP KELAS 7 SMP BAB 1 KERAJINAN DARI BAHAN ALAM

 

Refleksi Diri dan Rangkuman Materi Prakarya SMP Kelas 7 SMP Bab 1 Kerajinan Dari Bahan Alam| Sebelum memunculkan soal prakarya yang akan di inventarisir kedalam buku soal bab 1, kita lihat terlebih dahulu rangkuman keseluruhan materi yang ada pada bab 1. Kita juga harus melihat refleksi diri dari materi tersebut, hal ini penting untuk pakem soal agar tidak melebar ke materi lainnya.

Dalam Bab 1Kerajinan Dari Bahan Alam buku prakarya SMP kelas 7 Kurikulum 2013 edisi revisi 2-14, terdiri dari sub bab, atau sub ahasan sebagai berikut:
A. Produk kerajinan dari bahan alam
1. Mengenal Kerajinan dari Bahan Alam
2. Kemasan untuk Produk Kerajinan
3. Petunjuk Tahapan Berkarya
4. Berkarya Kerajinan dari Bahan Alam

B. Modifikasi Kerajinan dengan Memadukan Bahan Alam
1. Mengenal Kerajinan Modifikasi dengan Menggayakan dan Menyederhanakan Bentuk
2. Kemasan untuk Produk Kerajinan Modifikasi dari Bahan Alam
3. Berkarya Kerajinan Modifikasi dari Bahan Alam

Kalau dari sub materi tersebut kita buatkan soal, misalnya untuk inventarisir soal UTS, atau persiapan UAS. Maka terlebih dahulu kita lihat sub materi. Dalam Bab 1 ini ada 7 sub bab materi, kalau dibuatkan soal permateri 3 soal, akan menghasilkan sekitar 21 butir soal. Kita lihat sub materi mana yang mendapatkan jatah 3 soal atau lebih, dan sub materi mana yang mendapatkan butir soal kurang dari 3 soal.

Untuk itu kita lihat point penting yang ada pada rangkuman keseluruhan materi bab 1. Yaitu:

  • Kerajinan bahan alam atas dari tanah liat, serat alam, kayu, bambu,rotan, batu, logam, paduan bahan alam, dan masih banyak bahanalam lainnya.
  • Produk kerajinan bahan alam beraneka ragam yang tersebar di 34 provinsi di Indonesia.
  • Modifikasi adalah cara mengubah bentuk sebuah benda dari yang kurang menarik menjadi lebih menarik tanpa menghilangkan fungsi aslinya, dapat dilakukan dengan cara digayakan dan disederhanakan.
  • Pembuatan kerajinan bahan alam mengikuti tahap-tahap proses dan teknik yang unik pada setiap jenisnya.

Setelah di rangkum ternyata hanya ada 4 point penting dari keseluruhan materi, maka kita bisa mempersempit butir soal dari 21 butir soal sesuai sebaran sub materi. Maka kita buat lebih sedikit saja. Kalau dari satu point penting rangkuman diatas menghasilkan 3 butir soal maka keseluruhan butir soal pada bab 1 hanya menghasilkan 12 butir soal. Ini sudah mewakili keseluruhan sub bab pada materi bab 1 diatas.

Agar soal yang kita buta memiliki bobot kompetensi sesuai materi, maka setiap hendak membuat butir soal, kita harus melihat point penting dalam refleksi diri bab 1. Berikut point refleksi diri dari bab 1:

  • Keragaman produk kerajinan daerahmu sendiri dan Nusantara.
  • Belajar melalui sumber/referensi bacaan tentang kerajinan hasil modifikasi dari bahan alam yang sudah kamu lakukan bersama kelompokmu.
  • Kesulitan yang dihadapi saat mencari informasi dan melakukan pengamatan terhadap produk karya kerajinan bahan alam hasil modifikasi.
  • Pengalaman dalam membuat produk kerajinan (mulai dari perencanaan, persiapan, pembuatan dan pameran/pemasaran) secara mandiri.

Baca: Soal Ulangan Harian Ke 1 Prakarya Kelas VII SMP Semester 1

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s