ARTISTIK SILHOUETTE I

Merubah foto menjadi hitam putih artistik dengan photoshop

Setelah mengikuti tutorial ini diharapkan anda dapat membuat gambar seperti di bawah.

Gambar hitam putih seperti contoh di atas merupakan bentuk sederhana dari sebuah obyek yang hanya mengandung dua unsur warna tegas yaitu hitam dan putih. Meski sederhana banyak juga yang tertarik dengan foto jenis ini. Lihat saja foto profil di facebook, tidak sedikit yang menggunakan foto artistik ini. Bahkan Presiden Amerika Barack Obama menggunakan gambar jenis ini sebagai icon dirinya dalam kampanye presiden beberapa tahun silam.

Sebenarnya banyak program instan yang menawarkan kemudahan untuk ini, baik online maupun offline. Tinggal masukkan ke aplikasi > klik sana sini > jadi deh. Tapi saya lebih suka photoshop, sebab proses pembuatannya semi otomatis, masih ada campur tangan rasa dan imajinasi dari pembuatnya. So ada kepuasan tersendiri kalo menggunakan program ini.

Pada kesempatan ini, saya akan mengajak anda untuk membuat foto hitam putih artistik (menurut saya) dari sebuah foto menggunakan Photoshop. Pengetahuan tentang shortcut keyboard pada photoshop sangat disarankan untuk mempermudah proses kerja anda.

Step 1

Buka foto yang akan di edit, tekan huruf F pada keyboard sebanyak 2x agar area kerja menjadi lebih luas. kemudian duplikat layer background Ctrl+J, langkah ini perlu dilakukan untuk cadangan jika dalam proses editing foto ini mengalami kesalahan dan photoshop tidak mampu mengembalikannya. Sampe disini sudah terbentuk layer baru bernama layer 1. Sembunyikan layer background dengan cara klik gambar mata disebelah layer.

 

Step 2

Pastikan layer 1 terpilih, tekan tombol Shift+Ctrl+U secara bersamaan atau bisa juga anda lakukan melalui menu Image > Adjustments > Desaturate. Hal ini menyebabkan layer yang terpilih menjadi hitam putih

 

Step 3

Masih pada posisi layer 1 terpilih, tekan Ctrl+J untuk menduplikat layer. Pilih layer hasil duplikat (layer 1 copy) rubah layer tersebut menjadi bentuk film negatif dengan menekan tombol Ctrl+I (Image > Adjustments > Invert)

 

Step 4

Ganti efek layer dari normal menjadi Hard Mix.

 

Step 5

Masih di layer 1 copy, pilih menu Filter > Blur > Gaussian Blur. Atur radiusnya menjadi 60 piksel atau terserah anda, sesuaikan dengan kebutuhan aja ya.

Nah selesai sudah, gimana sob mudah kan? hasilnya bisa anda lihat di gambar pertama tutorial ini.

Referensi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s