EFEK MOZAIK PHOTOSHOP

Foto Mozaik adalah sebuah foto, biasanya foto potret, yang tersusun dari banyak foto. Banyak aplikasi gratis yang bisa kita gunakan untuk membuat efek foto mozaik secara instan dan mudah. Salah satunya aplikasi AndreaMosaic. Berikut ini tutorial cara membuat foto mozaik dengan Photoshop. Kelebihan menggunakan Photoshop atau GIMP adalah kita lebih fleksibel dalam mengatur foto dan ukuran pattern mosaic.  Foto-foto yang digunakan dalam tutorial Photoshop ini diambil dari situs Pixabay, Stockvault, rgbstock, dan Microsoft Office Images. Untuk lebih jelasnya silahkan ikuti langkah-langkah berikut:

Video: Tutorial Photoshop, foto mozaik.

 

1. Siapkan Banyak Foto Untuk Pattern Mozaik.

Silahkan anda siapkan atau download foto-foto untuk digunakan sebagai pattern mozaik, setidaknya 10 foto berbeda. Anda bisa mendownload foto dari pixabay, stockvault atau rgbstock.

2. Buat Dokumen Baru Untuk Pattern.

Buka Photoshop kemudian buat dokumen baru dengan memilih menu File>New. Saya akan membuat dokumen dengan width 1500 dan height 1500 pixels untuk diisi dengan foto 8×8.

Buat Dokumen Baru Untuk Pattern

Gambar: Buat dokumen baru.

3. Buat Guide Vertikal.

Untuk mempermudah menempatkan foto pada pattern kita akan membuat guide dengan cara memilih menu View>New Guide. Pilih radio button Vertical dan isikan Position 12,5%. Klik tombol OK. Akan terlihat garis guide secara vertikal.

Buat Guide Vertikal

Gambar: Buat Guide secara vertikal.

Ulangi langkah ini dengan memilih menu View>New Guide sampai terbentuk 7 buah guide vertikal. Untuk Position anda isikan setelah 12,5% yaitu, 25%, 37,5%, 50%, 62,5%, 75% dan terakhir 87,5%. Setelah selesai akan tampak seperti gambar berikut:

Guide Vertikal

Gambar: Buat tujuh buah guide vertikal.

4. Buat Guide Horizontal.

Pilih menu View>New Guide. Klik radio button Horizontal dan isikan Position mulai 12,5%, 25%, 37,5%, 50%, 62,5%, 75% dan terakhir 87,5%. Setelah selesai akan tampak seperti gambar berikut:

Buat Guide Horizontal

Gambar: Buat guide horizontal.

5. Masukkan Foto Pertama.

Pilih menu File>Place, browse lokasi foto anda, klik foto kemudian klik tombol Place. Akan terbentuk smart object untuk foto tersebut. Sambil menekan tombol keyboard Shift, atur posisi foto tersebut pada kotak guide pertama. Tekan tombol enter setelah selesai mengatur foto.

Place foto pertama

Gambar: Posisikan foto pertama pada kotak guide pertama.

Buat seleksi pada kotak pertama menggunakan Rectangular Marquee Tool kemudian tekan Ctrl+J. Akan terbentuk sebuah layer baru. Kemudian hapus smart object foto.

Rectangular Marquee Tool

Gambar: Rectangular Marquee Tool.

Seleksi Rectangular

Gambar: Buat seleksi pada kotak guide kemudian tekan Ctrl+J.

Hapus Layer Foto

Gambar: Hapus layer smart object foto.

6. Ulangi Langkah ke-5 Sampai Seluruh Kotak Guide Terisi Foto.

Ulangi langkah langkah ke-5 sampai seluruh kotak guide terisi oleh foto. Hasilnya akan seperti gambar berikut:

Pattern Mozaik

Gambar: Kanvas telah terisi foto mozaik.

7. Define Pattern Mozaik.

Langkah selanjutnya, pilih Edit>Define Pattern. Pada kolom Name isikan Mozaik. Klik tombol OK. Sekarang anda bisa menyimpan dan menutup dokumen Pattern.PSD anda.

Define Pattern

Gambar: Define Pattern.

8. Buka Foto Yang Ingin Anda Buat Efek Mozaik.

Pilih menu File>Open untuk membuka foto anda, kemudian buat layer baru dengan mengklik tombol Create a new layer di bagian bawah layer panel. Sebaiknya pilih foto berukuran besar agar efek foto mozaik terbentuk dari foto-foto yang kecil. Semakin besar ukuran foto, akan semakin kecil foto-foto mozaik yang menyusunnya.

Buka Foto Dan Buat Layer Baru

Gambar: Buka foto kemudian buat layer baru.

9. Fill Dengan Pattern Mozaik.

Klik Layer 1 untuk memastikannya sebagai layer aktif kemudian pilih menu Edit>Fill. Pada menu drop down Use, pilih Pattern. Pada Custom Pattern, pilih pattern mozaik yang sebelumnya telah kita buat. Klik tombol OK.

Fill Pattern

Gambar: Fill dengan pattern mozaik.

10. Desaturate, Ubah Blend Mode Dan Atur Opacity.

Desaturate Layer 1 dengan memilih menu Image>Adjustments>Desaturate. Ubah blend mode ke Overlay dan atur opacitynya jika diperlukan. Sampai disini telah selesai efek foto mozaik anda. Selamat mencoba.

Atur Blend Mode

Gambar: Atur blend mode dan opacity.

Berikut ini hasilnya:

cara membuat foto mozaik dengan photoshop

Gambar: Tutorial Efek Foto Mozaik Dengan Photoshop.

Referensi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s