MUSIK DANGDUT

Tentang Sejarah Musik Dangdut

thumb.jpg
Sejarah musik di Indonesia sudah ada jauh sebelum agama Hindu-Budha masuk ke Indonesia. Di masa itu, musik sendiri dimanfaatkan dalam aktivitas ritual masyarakat. Mereka meyakini, bunyi-bunyian mempunyai daya magis. Alat musiknya sendiri berasal dari alam. Musik sendiri berarti suara yang tersusun sedemikan rupa, dan mengandung lagu, irama, serta keharmonisan. Suara tersebut dihasilkan dari peralatan yang bisa menghasilkan bunyi.
music

Dalam skala dunia, musik sendiri sebenarnya sudah ada sejak 180.000 sampai 100.000 tahun yang lalu, tepatnya pada masa ketika Homo Sapiens masih hidup. Inspirasi mencipta musik dihasilkan saat mereka berkelana untuk mencari makanan. Misalnya saja, mereka merubah rongga kayu atau bambu menjadi suling purba. Pada perkembangannya, sejarah musik Indonesia menjadi kaya, karena berbagai pengaruh dari kebudayaan luar. Lahirlah berbagai genre musik, seperti etnik, keroncong, rock, jazz, pop, gambus, termasuk dangdut.

Musik dangdut sangat akrab di telinga orang Indonesia. Sampai-sampai ada ungkapan, “Dangdut merakyat bagi bangsa Indonesia.” Banyak orang bilang, dangdut adalah musik yang berasal dari Indonesia. Benarkah? Lalu bagaimana sejarah musik dangdut sendiri di Indonesia?

Sejarah Musik Dangdut, Masa Awal
Sejarah musik dangdut mengalami perubahan ke arah yang lebih modern pada akhir tahun 1960-an 

Sebenarnya musik dangdut itu dari mana ? Apakah benar sejarah musik dangdut asli berasal dari Indonesia? Jika ditelusuri dari berbagai informasi, dangdut berakar dari musik Melayu pada tahun 1940-an. Lalu, pada perkembangannya musik Melayu tadi terpengaruh unsur-unsur musik India dan Arab. Dari unsur musik India, pengaruh itu ada dipenggunaan tabla, sedangkan dari Arab pengaruhnya pada cengkok dan harmonisasi. Tetabuhan tabla atau gendang dari India dikombinasikan dengan unsur cengkok si penyanyi plus harmonisasi irama musiknya, adalah mutasi awal musik Melayu ke arah dangdut. Dari sinilah sejarah musik dangdut berawal.
1_195

Namun, sejarah musik dangdut yang sudah terlanjur diketahui banyak orang ini disanggah oleh Profesor Andrew Weintraub. Peneliti musik dangdut dari University of Pittsburg yang sudah mempublikasikan buku Dangdut; Musik, Identitas, dan Budaya Indonesia ini mengatakan bahwa dangdut asli berasal dari Indonesia, bukan dari Malaysia, India, atau Arab. Weintraub yang sudah meneliti dangdut sejak 1984 mengemukakan bahwa sifat musik dangdut itu khas Indonesia. Sifat musik khasnya terlihat di tema lagu yang dekat dengan kehidupan orang Indonesia. Weintraub mengatakan pula bahwa dangdut tak sama dengan Melayu, sebab Melayu di Indonesia ada di dataran Sumatra. Sedangkan dangdut itu bermula dari Jawa.

Dangdut yang bermula dari Jawa itu, kata Weintraub, sekarang telah menasional. Ada dangdut Minang, dangdut Banjar, dangdut koplo, dangdut remix, dan lain-lain.

Dari mana istilah dangdut itu sendiri? Nah, sebenarnya istilah dangdut sendiri merupakan prototype suara permainan gendang yang mengiringinya. Suara dari gendang itu mengeluarkan bunyi “dang” dan “dut”. Sebenarnya, istilah ini merupakan sindiran dari sebuah artikel yang muncul di tahun 1970-an, untuk menyebut jenis musik Melayu yang banyak diminati para kaum pekerja waktu itu. Tapi, saat ini dangdut tak cuma digemari masyarakat kelas bawah. Orang-orang dari kalangan atas pun mulai menyukainya. Ini dibuktikan dengan munculnya kafe-kafe dangdut sebagai tempat hiburan mereka.

syolepadotblogspotdotcom

Sejarah musik dangdut mengalami perubahan ke arah yang lebih modern pada akhir tahun 1960-an. Saat itu, unsur-unsur musik Barat menyusup dan menyergap dunia musik tanah air. Alat musik Barat yang ikut memetamorfosis musik dangdut adalah gitar listrik. Di samping itu ada pada bentuk pemasarannya. Musik dangdut saat itu menjelma sebagai musik populer, dan tentu saja terbuka dengan berbagai unsur musik lainnya, seperti keroncong, degung, gambus, rock, pop, langgam, remix, dan house music. Penerimaan unsur-unsur musik tadi terlihat seiring perkembangan zaman. Akibat pengaruh unsur-unsur musik tersebut, saat ini dikenal berbagai jenis dangdut, seperti dangdut campursari, dangdut koplo, dan dangdut remix.

Lalu, bagaimana ciri-ciri Musik dangdut ? Berikut ini ciri-cirinya :

  • Melodi dan Harmoninya miskin improvisasi
  • Ketukan tabla dan sinkop sangat diandalkan
  • Umumnya tak mempunyai refrain, tetapi memiliki bagian kedua dengan bangunan melodi yang berbeda di bagian pertama
  • Lagunya mudah dicerna, tidak sulit di cerna masyarakat
  • Iramanya terbagi tiga, yakni senandung ( sangat lambat ), lagu dua ( iramanya agak cepat ), dan makinang ( iramanya cepat )
  • Liriknya dekat dengan pantun
  • Musiknya berirama sangat melankonik
  • Sebagian besar bangunan lagu sangat konservatif
  • Sebagian besar tersusun atas satuan delapan birama 4/4. Jarang sekali ditemukan lagu dangdut dengan birama 3/4

183105_rhoma-irama_663_382

Pergulatan Sejarah Musik Dangdut
 
Dalam perjalanan sejarah musik dangdut, terjadi saling rebut popularitas antara penyanyi Indonesia dan Malaysia. Namun, dominasi penyanyi dangdut Indonesia melindas.
eksistensi penyanyi dangdut Malaysia. Di masa perkembangan awal, tepatnya sebelum tahun 1970-an, ada nama-nama seperti M. Mashabi, Husein Bawafie, Hasnah Tahar, dan Ellya Kadam, yang merajai khazanah musik dangdut tanah air. Pada 1970-an awal, Rhoma Irama, yang dijuluki sebagai raja dangdut mulai menunjukkan kemampuan bermusiknya. Saat itu, Rhoma mengawinkan genre musik dangdut dengan musik rock, pop, dan genre lainnya. Rhoma berhasil memopulerkan dangdut dengan lirik-liriknya yang bernapaskan dakwah.Selain Rhoma Irama pada 1970-an muncul nama-nama besar dalam perjalanan sejarah Musik dangdut Indonesia. seperti Mansyur S, A. Rafiq, dan Muchsin Alatas. Akhir 1970-an, muncul dangdut yang berkombinasi dengan humor.
Variasi musik dangdut tadi dipelopori oleh Pancaran Sinar Patromaks (PSP). Rhoma Irama yang membentuk grup musik dangdut pertama, yakni Soneta, pada 1973, membuat dangdut makin diterima berbagai kalangan..

Pasca 1970-an hingga kini, musik dangdut semakin semarak oleh berbagai penyanyi seperti Meggy Z, Hamdan ATT, Iis Dahlia, Ikke Nurjanah, Vetty Vera, Evi Tamala, Dewi Persik, Kristina, Inul Daratista, dan Ayu Tingting—yang baru-baru ini melambung namanya dengan judul lagunya Alamat Palsu. Di tahun 2000-an, hadir fenomena dangdut yang terbilang erotis. Inul Daratista boleh dibilang mengawali kemunculan dangdut yang mengundang kontroversi, karena goyangan ngebor-nya yang dianggap berlebihan. Dari daerah pesisir pantai utara Jawa Timur muncul dangdut koplo.

RRRR

maxresdefault

Dangdut koplo merupakan mutasi dangdut pasca dangdut campursari yang kental irama tradisional dengan unsur musi kendang kempul yang merupakan seni musik dari Banyuwangi. Selain itu, ada irama tradisional seperti jaranan dan gamelan. Penyanyi dangdut koplo terkadang punya goyangan maut yang membuat mata terbelalak, seperti jingkrak-jingkrak, kayang, atau sembari terlentang, dengan pakaian yang terkadang minim. Dari pembahasan sejarah musik dangdut tadi, terlihat bagaimana dangdut menyesuaikan dengan berbagai jenis musik lainnya. Rhoma Irama berhasil mengawinkan dangdut dan musik rock. Ikke Nurjanah mengombinasikan dangdut dan pop.
229005_ayu-ting-ting-di-sos-antv_663_382

229007_ayu-ting-ting-di-sos-antv_663_382

ayu-ting-ting-5777

Baru baru ini  Ayu Tingting, sebagai pedangdut yang muncul di tengah banjirnya musik K-Pop, tampil dengan video klip bergaya seorang girl band Korea. Selain itu, musik dangdut yang sudah melekat dengan sejarah musik Indonesia saat ini, rencananya akan didaftarkan sebagai budaya Indonesia di UNESCO oleh Persatuan Artis Musik Melayu-Dangdut Indonesia atau PAMMI.

SUMBER : http://syolepa.blogspot.com/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s