12

Sejarah dan Pengertian Fashion

Fashion adalah suatu sistem penanda dari perubahan budaya menurut suatu kelompok atau adat tertentu. Bisa juga sebagai strata pembagian kelas, status, pekerjaan dan kebutuhan untuk menyeragamkan suatu pakaian yang sedang merek. Berikut ini adalah daftar urutan fesyen dari terdahulu hingga terbaru:

Medieval

Sekitar tahun 1000 Masehi, fesyen dengan gaya Eropa klasik abad ke-16 terlihat memiliki baju yang besar dan tidak minimalis, pada zaman tersebut semua model sangat terkesan sopan.

1910 – 1930

Fesyen model ini masih ada dan digunakan hingga sekarang, pakaian yang sederhana dengan topi bundar bagi perempuan dan topi baret bagi laki-laki. Kemeja yang biasa digunakan untuk kegiatan resmi seperti setelan jas yang biasa digunakan hingga saat ini.

1940 – 1950

Era Perang Dunia II dan Perang Dingin, masa-masa klasikal saat foto mulai marak. Pakaian yang berkerah bundar dan lebar dengan baju luaran mulai populer. Model Pria masih sama dengan era fesyen sebelumnya, sopan dengan topi dan jas.

1970 – 1980

Pada era ini semua orang sudah mengenal fesyen. Dengan terkenalnya Madonna pada tahun 1980-an, Elvis Presley pada tahun 1970-an, dan perkembangan televisi memulai perkembangan fesyen secara global. Mulai ada pakaian bernuansa gothic. Pakaian berbahan denim mulai sangat populer seiring populernya musik disko.

1990 – sekarang

Hampir semua bangsa mempunyai andil dalam menciptakan tren fesyen di masing-masing negaranya, di setiap negara biasanya memiliki tren tersendiri dan presepsi yang berbeda dalam berekspresi tentang fesyen, sehingga fesyen yang tercipta hampir tidak ada batasannya pada era ini.

 Pengertian Fashion dan Perkembangan Fashion di Indonesia

a.) pengertian fashion:

Fashion berasal dari kata bahasa inggris yang berarti mode, cara, gaya, model dan kebiasaan. sebenarnya pengertian fashion itu sendiri pendapat dari beberapa orang. ada yang berpendapat fashion adalah busana yang menentukan penampilan seseorang dalam suatu acara tertentu, sehingga terlihat berbeda dari sebelumnya. lalu ada juga yang berpendapat fashion adalah suatu bentuk dari komunikasi dll.

b.) perkembangan fashion di indonesia:

ciri khas fashion indonesia adalah batik, dan kebaya.designer – designer indonesia telah berusaha untuk mengembangkan karyanya supaya batik, dan kebaya itu tidak hanya sebagai barang yang itu itu saja atau monoton. contohnya batik yang hanya bisa dipakai untuk para orang tua untuk kondangan tetapi juga bisa beralih fungsi sebagai pakaian yang santai dan tidak terlalu formal. seiring berjalannya waktu batik indonesia juga semakin trendy dengan berbagai model dress dan bisa di padupadankan dengan jeans yang juga bisa dipakai untuk anak anak muda di indonesia. sama halnya dengan kebaya indonesia sekarang tidak hanya dipakai untuk mempelai wanita di acara pernikahannya tetapi juga bisa sebagai busana untuk berbagai acara. kebaya indonesia juga tidak hanya ada kebaya jawa, betawi, sunda dan lain lain tetapi sekarang ada kebaya kotemporer dan modifikasi yang terpengaruh dari budaya luar seperti chinese dan eropa. bukan hanya itu saja kebaya jawa, betawi, sunda juga semakin bervariasi saja. dan ada juga kebaya muslim yang tidak kalah trendy.

tentu saja tidak mudah bagi para designers indonesia untuk memperkenalkan batik dan kebaya ke mata dunia dan sampai tercatat di UNESCO. batik sebagai warisan budaya dunia. ini merupakan apresiasi yang sangat luar biasa bagi dunia fashion tanah air dan semakin memotivikasikan untuk para designer muda indoneia untuk berkarya lebih baik dan menciptakan karya design baju yang bisa berpengaruh terhadap perkembangan fashion di indonesia dan fashion indonesia bisa menjadi trend seter dunia.

dan dengan cara fashion show lah hasil rancangan para designers indonesia dapat dikenal seperti di acara jfw (jakartafashion week), atau di saat para designers meluncurkan karya rancangan mereka. setiap designers mempunyai tema, arti dan tujuan dalam setiap rancangannya agar para fashionista dapat meminati karya dari designer tersebut.  designers indonesia tidak hanya menggelar fashion show di dalam negeri tetapi juga di luar negeri. seperti yang di lakukan oleh designer Anne avantie, Angsana, dan bahkan ada designer muda indonesia bernama Nina karina nikicio yang sangat berbakat dan dia sudah menggelar beberapa kali fashion show di singapura. tentu hal yang sangat membahagiakan bagi duna fashion indonesia, dan perkembangan fashion di indonesia juga semakin maju.

Kata fashion, Bagi orang yang berkecimpung dalam hal busana dan pakaian mungkin sudah sering mendengar kata tersebut. Baik itu desainer, Pemerhati, Praktisi, Pemasar busana dan pakaian bahkan bagi Masyarakat umum. Karena kata fashion sering disebutkan dan atau sering didengar dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini menunjukkan bahwa kata fashion ini sudah sangat familiar pada semua kalangan

Masyarakat, Dan bagi suatu pribadi atau kelompok fashion bisa sangat dibutuhkan.

Dari sedikit uraian diatas menunjukkan bahwa kata fashion bukan merupakan sesuatu yang asing lagi dikalangan Masyarakat. Lalu apa fashion itu?, Berikut adalah pengertian fashion kaitannya dengan busana dan pakaian.

Pengertian atau definisi fashion : Fashion adalah kombinasi atau perpaduan dari gaya atau style dengan desain yang cenderung dipilih, Diterima, Digemari dan digunakan oleh mayoritas Masyarakat yang akan bisa memberi kenyamanan dan membuat lebih baik pada satu waktu tertentu.

Dari pengertian atau definisi fashion diatas kalau diurai akan terdiri dari perpaduan beberapa kalimat sebagai berikut.

  1. Fashion adalah kombinasi atau perpaduan dari gaya atau style dengan desain.
  2. Fashion adalah merupakan pilihan yang bisa diterima, Digemari, Dan digunakan oleh mayoritas Masyarakat.
  3. Fashion membuat rasa nyaman dan lebih baik pada satu waktu tertentu.

Berik utmasing-masing uraian dari penggalan kalimat diatas.

Fashion adalah kombinasi atau perpaduan dari gaya atau style dengan desain.

Gaya dalam artian busana dan pakaian adalah merupakan ciri atau karakter penampilan dari bahan atau hal lain yang membedakan dari busana dan pakaian yang lainnya, Sedangkan desain adalah sesuatu yang lebih khusus dari gaya.

Gaya : Misal jilbab instan merupakan salah satu gaya berjilbab bagi wanita muslim, Dan selain jilbab instan  masih ada pilihan lain seperti jilbab segi empat atau paris.

Desain : Misal Jilbab instan yang merupakan salah satu gaya wanita muslim dibuat dengan berbagai model atau desain seperti jilbab instan model panjang, Atau jilbab instan dengan lengan.

Fashion adalah merupakan pilihan yang bisa diterima, Digemari, Dan digunakan oleh mayoritas Masyarakat.

Dari jilbab instan diatas, Misal Jilbab instan dengan lengan dan ukuran panjang yang menutup dada merupakan jilbab yang dipilih, Diterima, Digemari dan digunakan oleh sebagian besar wanita muslim.

Fashion membuat rasa nyaman dan lebih baik pada satu waktu tertentu.

Dengan memilih dan memakai jilbab instan dengan lengan dan ukuran panjang yang menutup dada, Wanita muslim akan merasa nyaman dan lebih baik dalam masyarakat.