Keren, karya seni super detail abad 19 ini dibuat dari pasir!

Sand art Andrew Clemens. ©2014 Merdeka.com/Amusing Planet/Andrew Clemens

Keren, karya seni super detail abad 19 ini dibuat dari pasir!

Merdeka.com – Lukisan dalam botol ini merupakan karya maestro sand art abad 19 Andrew Clemens. Tidak seperti umumnya lukisan dalam botol yang dibuat dari cat atau asap, karya ini terbuat dari pasir yang disusun sedemikian rupa hingga membentuk lukisan.
Dilaporkan Amusing Planet,karyainidibuatlebihdariseratustahun yanglaluoleh Clemens yangbenar-benartuli danbisu. Clemensdianggapsebagaipelopordalambidang sand paintingataulukisanpasir. Diatidakmenggunakanlemuntukmenyatukanpasirwarna-warnidalambotol.Keahliannyadalammenyusunbutiranpasirmenjadilukisantelahterlatihsejakkecil.Sejakmasihberusiabelasantahun, Clemensgemarmengumpulkanpasirwarna-warni yangkemudian diasimpan dansusundalambotol-botolberlehertinggi.

Photo by Amusing Planet

 
Butuh ketelitian ekstra untuk membuat lukisan seperti ini. Diperlukan perhitungan presisi agar tiap lapis pasir yang diletakkan dalam botol bisa membentuk gambar yang utuh. Tak heran kalau pembuatan sand painting buatan Clemens yang paling kompleks bisa memakan waktu hingga satu tahun.

Photo by Amusing Planet

 
Sejak pertama kali membuat sand paintings, ketenaran Clemens tumbuh pesat. Dalam waktu beberapa tahun, botol pasir Clemens mulai ditampilkan di museum dan pameran. Kala itu karyanya dijual seharga $ 5,- sampai $ 7,- saja. Dan ia hanya menerima komisi dari pembeli. Tetapi sekarang botol-botol berisi pasir yang dilukisi Clemens bisa bernilai puluhan ribu dolar.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s