Uniknya karya seni mini di ujung tusuk gigi

Uniknya karya seni mini di ujung tusuk gigi

Karya seni di ujung tusuk gigi. ©Ragna Reusch-Klinkenberg/Facebook

Merdeka.com – Ragna Reusch-Klinkenverg, seniman 51 tahun asal Jerman, memiliki tangan ajaib yang bisa membuat manusia-manusia super mini dari ujung tusuk gigi. Saking kecilnya, untuk melihat figur ini kira harus menggunakan kaca pembesar. Tak hanya membuat figur berupa manusia dan tokoh politik, Ragna juga mengukir hewan-hewan seperti jerapah dan kucing.

Ragna yang mempelajari desain grafis mengaku bahwa dia memiliki kecintaan pada kayu. Dia sudah suka mengukir dan memahat kayu sejak kecil. Pada saat sekolah dia suka memahat penghapus dengan garpu hingga akhirnya dia benar-benar bisa memahat kayu.

“Suatu hari aku lupa membawa kayuku, tetapi aku menemukan tusuk gigi di saku,” ungkapnya.

Saat itu dia mencoba untuk mengukir tusuk gigi dan berhasil. Ragna pun langsung jatuh cinta dan mulai menggunakan tusuk gigi sebagai media seninya. Untuk semua ukirannya, Ragna menggunakan pisau kecil. Uniknya, untuk membuat figur super kecil ini Ragna tak membutuhkan kaca pembesar. Setelah selesai dipahat, dia akan mewarnai figur tusuk gigi tersebut.

“Bagiku ini seperti belajar merajut. Kadang tanganku juga bergetar seperti orang lainnya,” ungkapnya.

Hingga saat ini Ragna telah menghasilkan ribuan figur pada ujung tusuk gigi. Figur-figur tersebut bervariasi dengan desain berbeda. Meski hingga sat ini Ragna masih memahat di kayu, namun perhatiannya lebih banyak tercurah pada tusuk gigi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s