Mungkin bagi sebagian orang istilah “foto kolase” masih asing, meskipun mereka sebenarnya sudah pernah melihat salah satu karya seni tersebut, tapi tidak tahu kalau ternyata itu merupakan foto kolase. Sebenarnya apa itu foto kolase dan bagaimana asal muasalnya?

Apa itu Kolase?

Jauh sebelum muncul istilah “foto kolase”, kolase itu sendiri sudah merupakan bagian dari karya seni dengan cara menempelkan bermacam-macam benda, baik kertas, pita, gambar, foto, tulisan, kayu atau apapun itu pada sebuah sebuah kanvas dengan disusun sedemikian rupa sehingga menghasilkan sebuah objek karya baru yang mempunyai nilai artistik.

Kolase menurut bahasa Prancis adalah coller yang berarti lem. Jadi hal ini sangat cocok bila pengertian kolase di arahkan pada teknik menempel berbagai macam benda. Sebagaimana dikutip dari wikipedia.org, kolase sebenarnya sudah ada sejak dulu, namun istilah ini muncul dan populer pada abad ke 20. Nama yang membawa istilah kolase itu sendiri adalah Georges Braque & Pablo Picasso.

Apa itu foto kolase?

Melihat definisi kolase di atas, sepertinya tidak akan sulit mendefinisikan foto kolase. Foto kolase adalah teknik menempel berbagai macam foto dalam sebuah kanvas, frame, kertas sehingga menjadi karya seni baru yang menarik. Umumnya teknik ini untuk foto kolase wedding atau kolase untuk foto dari momen spesial. Selain beberapa foto yang ditempelkan, terkadang istilah foto kolase hanya satu foto saja yang ditempelkan, hanya saja foto ini di potong-potong menjadi beberapa bagian untuk kemudian ditempelkan secara acak dengan bentuk yang unik dan menarik.

Bagaiman cara membuat foto kolase?

Banyak sekali cara untuk membuat foto kolase, bisa menggunakan software yang memang spesialis untuk membuat kolase seperti software CollageIt Pro, Picture Collact Maker, Picasa. Bahkan sekarang sudah ada jasa pelayanan membuat foto kolase secara online. Dengan cara tersebut, membuat foto kolase sangat mudah karena semua template sudah tersedia, kita hanya perlu input foto yang akan dijadikan kolase.

Sedangkan membuat foto kolase dengan photoshop atau coreldraw, juga bisa dilakukan. Namun ini lebih sulit, karena mengandalkan insting dalam menata foto-foto tersebut agar terlihat menarik. Jadi tidak asal tempel secara acak saja. lebih detailnya tentang cara membuat foto kolase, silakan baca pada artikel;

 

CONTOH FOTO KOLASE

KOLASE 1

KOLASE 2

KOLASE 3

KOLASE 5

KOLASE 6

KOLASE 7

KOLASE 8

KOLASE 9

KOLASE 10

KOLASE 11

KOLASE 12

KOLASE 13

KOLASE 14

KOLASE 15

KOLASE 16

KOLASE 17

KOLASE 18

KOLASE 19

KOLASE 20

KOLASE 21

KOLASE 22

KOLASE 23

KOLASE 24

KOLASE 25

KOLASE 26

KOLASE 27

KOLASE 28

KOLASE 29

KOLASE 30

KOLASE 31

KOLASE 32

KOLASE 33

KOLASE 34

KOLASE 35

KOLASE 36

KOLASE 37

KOLASE 38

KOLASE 39

KOLASE 40

KOLASE 41

KOLASE 42

KOLASE 43

KOLASE 44

KOLASE 45

KOLASE 46

KOLASE 47

KOLASE 48

KOLASE 49

KOLASE 50

KOLASE 51

KOLASE 52

KOLASE 53

KOLASE 54

KOLASE 55

KOLASE 56

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s