Seni

Mungkin sebagian besar dari kita sudah mengenal yang namanya seni dan bahkan mungkin sering kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Karena, baik disadari maupun tidak hal tersebut sudah menjadi dari bagian hidup manusia.

Secara garis besar, seni itu bisa diartikan sebagai sebuah ekspresi yang memiliki unsur keindahan yang di ungkapkan lewat suatu media yang bersifat nyata serta bisa dirasakan oleh kelima panca indera. Lebih jelasnya mari kita simak ulasan berikut ini.

Pengertian seni.

Seni sendiri berasal dari bahasa sansekerta (sani) yang berarti ‘pemujaan, persembahan dan pelayanan’. Jadi, kata tersebut punya kaitan yang erat dengan upacara keagamaan yang disebut juga dengan ‘kesenian’. Padmapusphita berpendapat bahwa, seni itu berasal dari kata ‘genie’ (bahasa Belanda) yang dalam bahasa latin berarti ‘genius’, tu artinya seni adalah kemampuan luar yang dibawa sejak lahir. Sedangkan jika menurut kajian yang terdapat dalam ilmu eropa disebut dengan ‘art’ yang bisa diartikan sebagai artivisual dari suatu benda yang melakukan suatu kegiatan tertentu.

Seiring dengan perkembangan zaman, bermunculan berbagai macam pendapat yang coba disampaikan oleh para ahli di dunia ini untuk sekadar mendeskripsikan tentang seni dari sudut pandang mereka. Berikut beberapa pendapat para ahli tersebut.

Pengertian seni menurut Alexander Baum Garton.

  • Seni merupakan keindahan dan seni adalah tujuan yang positif, serta menjadikan setiap orang yang meilhat atau mendengarnya merasa bahagia.

Pengertian seni menurut Emmanuel Kant.

  • Seni merupakan suatu impian yang tidak bisa direalisasikan dengan rumus-rumus tertentu.

Pengertian seni menurut Leo Tolstoy.

  • Seni merupakan ungkapan perasaan pencipta yang kemudian diungkapkan pada orang lain dengan harapan agar mereka bisa ikut merasakan apa yang dirasakan oleh penciptanya.

Pengertian seni menurut Aristoteles.

  • Seni merupakan usaha peniruan yang dilakukan terhadap alam, tetapi sifatnya harus ideal.

Pengertian seni menurut Plato dan Rousseau.

  • Seni merupakan hasil peniruan dari alam dengan segala seginya.

Pengertian seni menurut everyman encyclopedia.

  • Seni merupakan segala sesuatu yang dilakukan oleh seseorang, namun bukan berdasarkan pada dorongan kebutuhan pokoknya, melainkan atas kehendak kenikmatan, kemewahan ataupun kebutuhan spriritual.

Pengertian seni menurut ensiklopedia Indonesia.

  • Seni merupakan ciptaan dari segala hal yang keindahanya mampu membuat orang merasa senang ketika mendengar ataupun melihatnya.

Pengertian seni menurut Ki Hajar Dewantara.

  • Seni merupakan perbuatan manusia yang timbul dari perasaan yang bersifat indah, sehingga mampu menggetarkan hati dan perasaan manusia.

Pengertian seni menurut Akhdiat Karta Miharja.

  • Seni merupakan perbuatan manusia yang mencoba untuk merefleksikan kenyataan dalam sebuah karya atau bentuk yang isinya memiliki daya tarik untuk membangkitkan suatu pengalaman tertentu dalam alam rohani.

Pengertian seni menurut Prof. Drs. Suwaji Bastomi.

  • Seni merupakan aktifitas batin yang melibatkan pengalaman estetis yang diungkapkan dalam sebuah bentuk agung, yang kemudian mampu membangkitkan rasa haru dan takjub.

Pengertian seni menurut Drs. Sudarmaji.

  • Seni merupakan segala bentuk manifestasi batin serta pengalaman estetis yang melibatkan media bidang, garis, tekstur, warna, volume, serta gelap dan terang.

Pengertian seni menurut Nandawan L. Hasanah.

  • Seni merupakan ekspresi jiwa yang memiliki unsur keindahan dan diungkapkan melalui suatu media tertentu yang bersifat nyata dan bisa dinikmati oleh kelima panca indera.

Pengertian seni menurut Popo Iskandar.

  • Seni merupakan sebuah hasil ungkapan emosi yang ingin ditunjukkan kepada orang lain dalam hidup berkelompok/bermasyarakat.

Pengertian seni menurut Schopenheur.

  • Eni merupakan segala macam usaha yang dilakukan untuk menciptakan bentuk-bentuk yang menyenangkan.

Pengertian seni menurut Eric Ariyanto.

  • Seni merupakan kegiatan rohani atau aktifitas batin yang kemudian direfleksikan dalam bentuk karya yang bisa membangkitkan perasaan senang dari orang lain yang mendengar atau melihatnya.

Dari penjabaran beberapa pendapat di atas bisa kita simpulkan bahwa seni itu merupakan hasil dari aktifitas batin yang kemudian direfleksikan dalam bentuk suatu karya yang kemudian mampu membangkitkan perasaan senang dari orang lain yang meihat atau mendengarnya. Dalam pengertian ini yang dikategorikan sebagai seni adalah seluruh kegiatan yang mampu menghasilkan suatu karya yang indah.

Seni berdasarkan media yang digunakan, dibagi menjadi 3 yaitu:

  • Seni yang bisa dinikmati lewat media pendengaran atau disebut juga dengan audio art. Seperti seni suara, seni musik, puisi, sastra dan pantun.

  • Seni yang bisa dinikmati lewat media penglihatan atau disebut juga dengan visual art. Seperti poster, lukisan, seni gerak beladiri, seni teater, seni tari, seni bangunan dan lain sebagainya.

  • Seni yang bisa dinikmati lewat media penglihatan atau disebut juga dengan audio visual art. Seperti pagelaran wayang, film dan pertunjukkan musik.

Selain itu, pembagian seni sendiri juga terbagi atas beberapa cabang, seperti seni rupa, seni kriya dan seni sastra. Seni rupa sendiri juga terbagi atas beberapa macam, tergantung dari bentuk dan kegunaanya.

Seni rupa jika ditinjau dari kegunaanya terbagi atas seni rupa murni dan seni rupa terapan, sedangkan jika ditinjau dari segi bentuk terbagi atas 2 dimensi (dwimatra) dan 3 dimensi (trimatra).

Begitu juga dengan seni sastra yang terbagi atas puisi, pantun, novel yang kemudian berkembang menjadi drama teater dan lain sebagainya.

Tujuan penggunaan seni.

Manusia sudah mengenal dan memahami seni sejak zaman dahulu, yang digunakan sebagai media untuk berkomunikasi yang direalisasikan dalam bentuk gambar yang menggambarkan kegiatan mereka pada zaman dulu (biasanya terdapat pada dinding-dinding goa prasejarah).

Selain itu, pada zaman dulu seni juga dijadikan sebagai media pemujaan antara alam dan makhluk. Sehingga seni sangat erat kaitannya dengan hal-hal magis dalam suatu kultur. Tetapi beda halnya dengan seni pada zaman sekarang yang sudah berkembang pesat dan memiliki fungsi yang lebih rasional dari sebelumnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s